Kompetensi
|
Sub Kompetensi
|
Indikator
|
Kepribadian
|
1.
Selalu menampilkan diri sebagai pribadi
yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
2.
Selalu menampilkan diri sebagai pribadi
yang berakhlak mulia yang menjadi teladan bagi peserta didik.
3.
Selalu berperilaku sebagai pendidik
profesional.
4.
Mengembangkan diri secara terus menerus
sebagai pendidik profesional.
5.
Mampu menilai kinerja sendiri yang
dikaitkan dengan pencapaian tujuan utuh pendidikan TIK.
|
INDIKATOR 1
a)
Selalu legawa apabila menerima kritik dan saran.
b)
Konsisten dalam bersikap dan bertindak.
c)
Membiasakan diri meletakkan persoalan sesuai
dengan tempatnya.
d) Berpakaian
yang sopan berwibawa
INDIKATOR 2
a)
Memberi teladan yang baik kepada peserta didik
b)
Tidak merokok didalam kelas
INDIKATOR 3
a)
Tidak membawa permasalahan keluarga dikelas
b)
Membiasakan diri selalu berkomitmen terhadap tugas
sebagai pendidik.
c)
Mengembangkan etos kerja secara bertanggungjawab.
INDIKATOR 4
a)
Memanfaatkan berbagai sumber untuk meningkatkan
pengetahuan,keterampilan, dan kepribadian.
b)
Mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang
pengembangan profesi keguruan.
c)
Mengembangkan dan menyelenggarakan kegiatan yang
menunjang profesi guru.
INDIKATOR 5
a)
Mengkaji strategi berfikir reflektif untuk
melakukan penilaian kinerja sendiri.
b)
Berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi
dalam meningkatkan kinerja sendiri untuk kepentingan pendidikan TIK.
c)
Membiasakan diri menilai kinerja sendiri dan
melakukan refleksi untuk melakukan perbaikan di masa yang akan datang.
|
Pedagogik
|
1.
Selalu
menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan
berwibawa.
2.
Selalu
menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia yang menjadi teladan
bagi peserta didik.
3.
Selalu
berperilaku sebagai pendidik profesional.
4.
Mengembangkan
diri secara terus menerus sebagai pendidik profesional.
5.
Mampu menilai
kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan utuh pendidikan.
|
INDIKATOR 1
a)
Memilih jenis dan pengajaran yang sesuai dengan
materi pelajaran
b)
Menjelaskan alasan memilih jenis dan pengajaran.
c)
Merencanakan pelajaran, memutuskan kapan dan
bagaimana akan digunakan.
INDIKATOR
2
a)
Mengkaji teori-teori tentang teknologi informasi
dan komunikasi.
b)
Melaksanakan bimbingan belajar tentang teknologi
informasi dan komunikasi yang dibutuhkan anak didiknya.
c) Mengembangkan
kegiatan praktikum dalam proses pembelajaran.
INDIKATOR
3
a)
Mengkaji landasan filosofis yang mendasari
pembelajaran di tingkat politeknik. Mengkaji prinsip-prinsip dasar
pembelajaran
b)
Mengkaji berbagai model pembelajaran yang terpusat
pada siswa dan sesuai untuk tingkat politeknik.
c)
Mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode dan
teknik pembelajaran yang mendidik
INDIKATOR
4
a)
Mengembangkan bahan ajar dalam berbagai format
yang mengakomodasi perbedaan kebutuhan mahasiswa
b)
Mengembangkan berbagai media pembelajaran yang
bersumber dari lingkungan yang memicu keterlibatan mahasiswa secara aktif dan
menyenangkan
INDIKATOR
5
a)
Mengkaji prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran yang
mendidik.
b)
Menyusun rencana pembelajaran yang
mempertimbangkan karakteristik mahasiswa dan mata pelajaran tingkat
politeknik untuk mencapai tujuan utuh pendidikan.
|
Profesional
|
1.
Menguasai
substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi yang diajarkan
2.
Menguasai
struktur dan metode keilmuan
|
INDIKATOR 1
a)
Memahami konsep ilmu yang diajarkan
b)
Menyiapkan materi ajar dalam kurikulum yang
ditetapkan
c)
Memahami keterkaitan antar konsep ,materi dan
metode pembelajarannya
d) Mendiskripsikan
wewenang keilmuan dan batas-batasannya
e) Merelevankan
materi ajar dengan kondisi kekinian
INDIKATOR
2
a).
menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam
pengetahuandan materi bidang studi.
b).
melakukan penelitian tindakan kelas untuk perbaikan secara berkala
c).
melaporkan hasil-hasil temuan dalam penelitian yang dilakukan
d).
melibatkan peserta didik dalam
penelitiannya
e).
menyebarluaskan hasil penelitian ke khalayak umum untuk menjadi rekomendasi
pembelajaran
|
Sosial
|
1.
Mampu berkomunikasi secara efektif dengan
orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat sebagai stakeholders
dari layanan ahlinya.
2.
Berkontribusi terhadap perkembangan
pendidikn di sekolah dan masyarakat.
3.
Berkontribusi terhadap perkembangan
pendidikn di tkt lokal, regional, dan nasional.
4.
Mampu memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
|
INDIKATOR 1
a)
Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik,
sesama pendidik, dan masyarakat tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik.
b)
Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan
masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar
peserta didik.
c)
Berkomunikasi melalui publikasi ilmiah kepada
sesama pendidik dan komunikasi ilmiah dalam rangka memajukan pembelajaran
INDIKATOR
2
a)
Bekerjasama dengan teman sejawat dalam
menyelenggarakan berbagai program pendidikan di kampus.
b)
Merancang berbagai program untuk mengembangkan
pendidikan di kampus dan lingkungan sekitar.
c) Berperan serta
dalam penyelenggaraan berbagai program di sekolah dan lingkungannya.
INDIKATOR
3
a)
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis
masalah-masalah pendidikan di politeknik pada tataran lokal, regional, dan
nasional.
b)
Mengembangkan alternatif pemecahan masalah-
masalah pendidikan politeknik pada tataran lokal, regional, dan nasional.
c) Merancang
program pendidikan politeknik tataran lokal, regional dan nasional.
INDIKATOR
4
a)
Mengkaji berbagai perangkat belajar.
b)
Mampu mengoperasikan berbagai peralatan
pembelajaran untuk berbagai kepentingan peningkatan keprofesionalan.
c)
Memanfaatkan pembelajaran untuk berkomunikasi dan
mengembangkan kemampuan profesional
|
A. Kompetensi kepribadian
Adalah kemampuan
personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan
berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Pedagogik
Kemampuan
pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran,
evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi yang dimilikinya.
C. Kompetensi Profesional
Adalah penguasaan
materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi
kurikulummata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi
materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
D. Kompetensi Sosial
adalah kemampuan
guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik,
tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar
+ komentar + 1 komentar
assalamualaikum, kalo boleh tau ini ngambil dari buku apa?
syukron :)
Posting Komentar