Ads code

News Update :
Home » » INDIKATOR KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI

Penulis : Unknown on 18 Feb 2013 | 14:00




Kompetensi
Sub Kompetensi
Indikator
Kepribadian
1.      Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
2.      Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia yang menjadi teladan bagi peserta didik.
3.      Selalu berperilaku sebagai pendidik profesional.
4.      Mengembangkan diri secara terus menerus sebagai pendidik profesional.
5.      Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan utuh pendidikan TIK. 
INDIKATOR 1
a)   Selalu legawa apabila menerima  kritik dan saran.
b)   Konsisten dalam bersikap dan bertindak.
c)   Membiasakan diri meletakkan persoalan sesuai dengan tempatnya.
d)  Berpakaian yang sopan berwibawa
INDIKATOR 2
a)      Memberi teladan yang baik kepada peserta didik
b)      Tidak merokok didalam kelas
       INDIKATOR 3
a)   Tidak membawa permasalahan keluarga dikelas
b)   Membiasakan diri selalu berkomitmen terhadap tugas sebagai pendidik.
c)   Mengembangkan etos kerja secara bertanggungjawab.
       INDIKATOR 4
a)   Memanfaatkan berbagai sumber untuk meningkatkan pengetahuan,keterampilan, dan kepribadian.
b)   Mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang pengembangan profesi keguruan.
c)   Mengembangkan dan menyelenggarakan kegiatan yang menunjang profesi guru.
    INDIKATOR 5
a)   Mengkaji strategi berfikir reflektif untuk melakukan penilaian kinerja sendiri.
b)   Berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja sendiri untuk kepentingan pendidikan TIK.
c)   Membiasakan diri menilai kinerja sendiri dan melakukan refleksi untuk melakukan perbaikan di masa yang akan datang.

Pedagogik
1.  Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
2.  Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia yang menjadi teladan bagi peserta didik.
3.  Selalu berperilaku sebagai pendidik profesional.
4.  Mengembangkan diri secara terus menerus sebagai pendidik profesional.
5.  Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan utuh pendidikan. 


















INDIKATOR 1
a)   Memilih jenis dan pengajaran yang sesuai dengan materi pelajaran
b)   Menjelaskan alasan memilih jenis dan pengajaran.
c)   Merencanakan pelajaran, memutuskan kapan dan bagaimana akan digunakan.
INDIKATOR 2
a)   Mengkaji teori-teori tentang teknologi informasi dan komunikasi.
b)   Melaksanakan bimbingan belajar tentang teknologi informasi dan komunikasi yang dibutuhkan anak didiknya.
c)   Mengembangkan kegiatan praktikum dalam proses pembelajaran.
INDIKATOR 3
a)   Mengkaji landasan filosofis yang mendasari pembelajaran di tingkat politeknik. Mengkaji prinsip-prinsip dasar pembelajaran
b)   Mengkaji berbagai model pembelajaran yang terpusat pada siswa dan sesuai untuk tingkat politeknik.
c)   Mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik
INDIKATOR 4
a)   Mengembangkan bahan ajar dalam berbagai format yang mengakomodasi perbedaan kebutuhan mahasiswa
b)   Mengembangkan berbagai media pembelajaran yang bersumber dari lingkungan yang memicu keterlibatan mahasiswa secara aktif dan menyenangkan
INDIKATOR 5
a)   Mengkaji prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran yang mendidik.
b)   Menyusun rencana pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik mahasiswa dan mata pelajaran tingkat politeknik untuk mencapai tujuan utuh pendidikan.

Profesional


1.  Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi yang diajarkan
2.  Menguasai struktur dan metode keilmuan

INDIKATOR 1
a)   Memahami konsep ilmu yang diajarkan
b)   Menyiapkan materi ajar dalam kurikulum yang ditetapkan
c)   Memahami keterkaitan antar konsep ,materi dan metode pembelajarannya
d)  Mendiskripsikan wewenang keilmuan dan batas-batasannya
e)   Merelevankan materi ajar dengan kondisi kekinian
INDIKATOR 2
a). menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam pengetahuandan materi bidang studi.
b). melakukan penelitian tindakan kelas untuk perbaikan secara berkala
c). melaporkan hasil-hasil temuan dalam penelitian yang dilakukan
d). melibatkan peserta didik dalam  penelitiannya
e). menyebarluaskan hasil penelitian ke khalayak umum untuk menjadi rekomendasi pembelajaran
Sosial
1.      Mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat sebagai stakeholders dari layanan ahlinya.
2.      Berkontribusi terhadap perkembangan pendidikn di sekolah dan masyarakat.
3.      Berkontribusi terhadap perkembangan pendidikn di tkt lokal, regional, dan nasional.
4.      Mampu memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

INDIKATOR 1
a)   Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat tentang program pembelajaran  dan kemajuan peserta didik.
b)   Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
c)   Berkomunikasi melalui publikasi ilmiah kepada sesama pendidik dan komunikasi ilmiah dalam rangka memajukan pembelajaran
INDIKATOR 2
a)   Bekerjasama dengan teman sejawat dalam menyelenggarakan berbagai program pendidikan di kampus.
b)   Merancang berbagai program untuk mengembangkan pendidikan di kampus dan lingkungan sekitar.
c)   Berperan serta dalam penyelenggaraan berbagai program di sekolah dan lingkungannya.
INDIKATOR 3
a)   Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah pendidikan di politeknik pada tataran lokal, regional, dan nasional.
b)   Mengembangkan alternatif pemecahan masalah- masalah pendidikan politeknik pada tataran lokal, regional, dan nasional.
c)   Merancang program pendidikan politeknik tataran lokal, regional dan nasional.
INDIKATOR 4
a)   Mengkaji berbagai perangkat belajar.
b)   Mampu mengoperasikan berbagai peralatan pembelajaran untuk berbagai kepentingan peningkatan keprofesionalan.
c)   Memanfaatkan pembelajaran untuk berkomunikasi dan mengembangkan kemampuan profesional


A.    Kompetensi kepribadian
Adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. 

B.     Kompetensi Pedagogik
Kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. 

C.    Kompetensi Profesional
Adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulummata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya. 

D.    Kompetensi Sosial
adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

5/25/2017

assalamualaikum, kalo boleh tau ini ngambil dari buku apa?

syukron :)

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2013. code-xyz . All Rights Reserved.
Design Template by code-xyz | Support by creating website | Powered by Blogger